Lintah Dalam Pandangan Holistik

20th Juni 2017

LINTAH DALAM PANDANGAN HOLISTIK

Dalam pemahaman holistik, terapi yang berhubungan dengan darah adalah salah satu ranting dari pohon ilmu.

Tatalaksananya meliputi : bekam, lintah, dan Al Fashdu. Ketika penyakit masih berada pada permukaan, maka bekam adalah terapi yang tepat. Apabila penyakit berada pada area tertentu yang lebih dalam maka digunakanlah lintah. Sedangkan apabila sudah ada pada darah, maka Al Fashdu tentu lebih tepat diaplikasikan.

Lintah Dalam Pandangan Holistik

Nah, kali ini kita akan membicarakan mengenai terapi yang dikenal dengan hirudo teraphy dimana menggunakan lintah sebagai medianya.

Sebenarnya, penggunaan lintah sebagi media terapi sudah dilakukan sekitar 1.500 tahun yang lalu orang Mesir kuno. Selanjutnya, di abad ke 19 dan 20 orang Eropa percaya bahwa lintah bisa menghisap darah berpenyakit dari tubuh seseorang tidak peduli penyakit apa yang mereka derita, sehingga mereka akhirnya berduyun-duyun beralih ke terapi lintah ini.

Namun setelah mereka mendapati bahwa tidak semua kondisi cocok dengan terapi ini, mereka mulai meragukan pendapat mereka sendiri dan akhirnya terapi lintah cukup lama ditinggalkan. Padahal banyak manfaat yang bisa kita ambil dari penggunaan lintah dalam bidang pengobatan.

~ Lintah yang kaya manfaat

Seiring dengan kembali mengemukanya terapi jenis ini, maka perlu kiranya kita upayakan memandangnya dalam perspektif yang tepat, yaitu pandangan secara holistik.

Kali ini saya akan membahas tentang lintah sebagai salah satu materia media bahan dasar pembuatan ramuan herba. Lintah (Shui Zhi )memiliki rasa asin dan pahit dan berenergi netral serta sedikit beracun. Bahan obat ini masuk pada meridian hati.

Fungsi pentingnya adalah untuk membuang bekuan darah, melancarkan stasis dan merangsang aliran darah pada menstruasi, untuk menghilangkan gumpalan yang terjadi pada perut. Kegunaan dan indikasi lintah adalah termasuk pada amenorrhe (terlambat / tidak haid) karena stasis darah, gumpalan terkait kandungan di perut, serta memar.

~ Aplikasi lintah dalam resep herba

1) Di Dang Tang dari Jin Gui Yao Lue. Lintah diresepkan bersama Meng Chong, Tao Ren, dan Da Huang untuk mengobati gangguan aliran darah ringan menstruasi pada wanita atau kandung kemih penuh karena stasis darah.

2) Tao Ren Wan dari Tai Ping Sheng Hui Fang . dalam ramuan ini, lintah dikombinasikan dengan Meng Chong, Tao Ren, dan Da Huang untuk mengobati bekuan yang menyhebabkan haid yang sedikit dan pendek waktunya, serta rasa kepenuhan di dalam hati dan perut.

3) Di Huang Tong Jing Wan dari Fu Ren Liang Fang. Hal ini cocok dengan Shu Di Huang, Meng Chong, dan Tao Ren, untuk menngobati menstruasi tertunda, cairan nifas berlebihan setelah melahirkan, serta sakit di pusar atau perut.

4) Duo Ming San dari Ji Sheng Fang. Hal ini ditambah dengan Da Huang dan Qian Niu Zi untuk mengobati luka yang ditimbulkan logam, luka trauma, atau stasis darah, sakit perut, dan retensi urin dan feses akibat cedera internal.

Demikian penjelasan tentang lintah sebagai materia medika. Semoga dengan tulisan ini penggunaan lintah bisa dirasakan kembali manfaatnya oleh masyarakat luas dengan sudut pandang yang tepat.

Terima kasih sudah membaca Lintah Dalam Pandangan Holistik
Silahkan untuk mengikuti tulisan saya di FP Sang debu.

Silahkan Like & Share, Semoga bermanfaat.
https://www.facebook.com/masterholistik/
#SangDebu #GeraiIntiAnnahl #Holistik

Patogen Damp-lembab

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bertemu kembali dengan waroengsangdebu di musim hujan ini banyak orang rentan

Radang Pencernaan Dengan Defisiensi Qi Perut

RADANG PENCERNAAN DENGAN DEFISIENSI QI PERUT Saat ini pada kondisi normal biasanya sudah memasuki

KONSEP DASAR ILMU PENGOBATAN

Ilmu Itu Bukanlah Milik Barat Dan timur, Tapi Milik Allah Sang Pemilik Ilmu Yang

7 Obat Herbal Untuk Kolesterol

Pertemuan kali ini akan membahas tentang kolseterol. Apa sih sebenarnya kolesterol itu?, sebenarnya kolesterol

Sejarah Herbal Xu Duan

Herbal Mend Bond (penyambung Patah Tulang) produksi Inti An-Nahl memiliki persamaan arti dengan penyusun

Setiap Penyakit Ada Obatnya

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Diriwayatkkan oleh Muslim dari hadits Abu Zubair, dari Jabir Bin Abdillah,

Hubungi kami

083845895779
DA64BC59
083845895779
Customer service 1