produk berkualitas - harga terjangkau

Modul 1

KategoriBuku
Di lihat17 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang
083845895779 sms 083845895779 083845895779 DA64BC59

Detail Produk Modul 1

 

Modul 1

Dasar falsafah dan pengenalan jalur meridian

Modul 1

  • Filosofi Dasar
  • Pengenalan Jalur Meridian

FILOSOFI DASAR

Falsafah artinya mengungkapkan pemikiran-pemikiran yang begitu dalam sehingga dapat dijadikan pandangan hidup. Falsafah pengobatan Holistik bersumber pada falsafah alamiah, bahwa alam merupakan makhluk Alloh yang selalu tunduk dan patuh dengan segala hukum-hukum-Nya tanpa ada sedikitpun keinginan untuk menyimpang dari hukum-hukum-Nya. Artinya pandangan hidup yang mengungkap hal-hal yang menyangkut alam dan segala keberadaannya termasuk manusia di dalamnya dengan segala kaidah-kaidah hukum yang berlaku didalamnya dan menganalisa maksud dari tiap-tiap penciptaan.

Falsafah ini terbagi menjadi 5 hal yang mendasari cara berfikir dan bertindak serta menguraikan kondisi tubuh yang sehat, penyakit, terjadinya penyakit dan penyebab penyakit, pemeriksaan penyakit, analisa data dan penegakan diagnosa, pengobatan dan pencegahan penyakit.

Falsafah dasar ini menguraikan cara berfikir dan bertindak dalam pandangan holistik. Secara garis besar saling berhubungan, dan dalam pandangan holistik dapat disebutkan sebagai berikut :

  1. Hubungan manusia dengan Allah S.W.T
  2. Hubungan manusia dengan alam
  3. Hubungan manusia dengan manusia
  4. Hubungan manusia dengan tumbuhan/hewan
  5. Hubungan manusia dengan dirinya sendiri (prilaku terhadap tubuhnya)

Hubungan dalam diri manusia menyangkut fisik, mental dan spirit :

Fisik                     :  terdiri dari panca indra, jaringan tubuh, organ-organ dalam, darah, sistem syaraf, sel-sel tubuh, otak, meredian, materi dasar (cing).

Mental (psikis)     :  pikiran, perasaan, emosi, daya gerak (chi)

Spirit                    :  jiwa, kemauan hidup, semangat (shen)

Ketiga hal tersebut diatas dipengaruhi oleh sistem peredaran darah, sistem syaraf, saluran getah bening, sistem meridian, energi vital (jing, chi, shen), hawa udara (Chi), lingkungan, budaya, politik dll.

Pembentukan cing-chi-shen sangat dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas cing bawaan (turunan) kedua orang tua. Ibu yang hamil bila keadaan jiwa (shen) nya kacau (depresi) maka akan sangat mempengaruhi jiwa dan perkembangan fisik janin yang dikandungnya, misal : sering kejang, fisik lemah, mental jelek dll.

 Jadi dalam proses pengobatan seluruh aspek harus diperhatikan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain, inilah yang mendasari prisip pengobatan Holistik—mencari akar masalah tanpa mengabaikan gejala dan perlakukan semua pasien sebagai sahabat dengan memberikan haq-haqnya tanpa memandang setatus.

MERIDIAN

Meridian adalah jaringan atau jalinan sistem akupunktur di dalam tubuh.  Sistem meridian merupakan saluran yang dilalui sistem organ, jaringan penunjang, panca indra dan bagian tubuh tertentu lainnya yang membentuk sebuah kesatuan yang utuh di dalam tubuh. Di dalam meridian mengalir energi vital (chi) dan sebagian besar titik-titik pijat berada disepanjang meridian.

Fungsi Meridian :

  1. Meridian mengikat hubungan antara jaringan dan organ seluruh tubuh, sehingga dapat berfungsi penting baik dalam bidang fisiologi, patologi. dan prevensi serta terapi penyakit. Fungsi terpenting dari meridian, antara lain
  2. Menyalurkan Chi dan Xie-Darah serta mengakomodasi Yin dan Yang. Dalam keadaan normal, meridian berfungsi menyalurkan Chi dan Xie-Darah serta mengakomodasi Yin dan Yang di seluruh tubuh.  Hal itu dapat terwujud karena jaringan meridian tersebar di dalam atau permukaan tubuh. Berbagai area tubuh, seperti dalam dengan permukaan, kiri dengan kanan dan atas dengan bawah dihubungkan oleh meridian menjadi satu kesatuan yang organik sehingga dapat menjalankan berbagai fungsi dengan relative seimbang.
  3. Menahan serangan penyakit dan merefleksi gejalanya. Apabila terjadi serangan dari penyebab penyakit, maka meridian dapat berfungsi menahan serangan, apabila timbul suatu penyakit, meridian juga dapat merefleksikan gejala-geiala yang ditimbulkan, baik secara lokal maupun seluruh tubuh. Dalam klinik penyakit dari suatu organ umumnya dimanifestasikan pada daerah atau jaringan yang sesuai dengan perjalanan meridian, misalnya penyakit Kan-Hati sering dimanifestasikan pada hipokondrium. Penyakit Shen-Ginjal dapat dimanifestasikan pada daerah lipatan lutut, Api Sin-Jantung terlalu membara dapat menyebabkan sariawan pada lidah, Api Kan-Hati terlalu membara dapat menyebabkan mata menjadi bengkak dan merah.  Meridian juga dapat menjadi jalur dari menjalarnya suatu penyakit, misalnya penyebab penyakit dari luar dapat menyerang ke organ dalam melalui meridian.
  4. Menghantarkan impulsi sehingga dapat menyeimbangkan Yin dan Yang. Meridian dapat menghantarkan impulsi dari stimulasi akupunktur, sehingga dapat menyeimbangkan kembali Yin dan Yang dan mengakomodasi Xie dan She.

Produk lain Buku

Diskusi Terupdate

    Rekening Bank

    Pengiriman